Transaksi Online Aman Dengan Rekber (Rekening Bersama)

Jual beli online saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat indonesia, banyak forum dan website yang muncul di internet untuk memfasilitasi proses transaksi jual beli. namun bagaimana dengan kepercaan pembeli terhadap transaksi jual beli? dalam transaksi jual beli online pembeli dan penjual melakukan kesepakatan proses transaksi pembayaran. pembayaran ini bisa dilakukan dengan:
  1. Cash On Delivery (COD) , Bayar dengan bertemu langsung
  2. Transfer Bank
  3. Menggunakan jasa Rekber.

Yang paling aman dari transaksi adalah pembayaran dengan COD, ini kecil untuk resiko penipuan namun ini sulit dilakukan karena proses jual beli online mencakup daerah yan luas,  proses pembayaran kedua ini yang paling mudah dengan mengirimkan dana melalui bank dan tanpa banyak waktu yang terbuang, namun ini beresiko jika penjual tidak dikenal dan tidak mempunya reputasi yang baik. pilihan ketiga adalah solusi dari nomor satu dan dua dimana transaksi yang dilakukan bisa melalui transfer dan meminimalisir penipuan,Rekening Bersama atau yang populer di sebut saat ini dengan REKBER adalah solusi praktisnya, apa itu rekber? nah kita kupas sedikit tentang rekber

Rekber atau Rekening bersama yang di luar negeri disebut ESCROW adalah proses kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk menggunakan pihak ketiga yang netral sebagai perantara transaksi jual beli sebagai bentuk kepercayaan . perantara disini dimaksudkan pihak rekber menampung dana transaksi saat proses jual beli sedang terjadi. permasalahan yang terjadi dalam transaksi akan di tengahi oleh pihak Rekber. Pembeli tidak perlu mentrasfer atau memberikan dana secara langsung ke penjual namun dana akan di pegang oleh pihak Rekber, setelah pembeli mendapatkan barang dari penjual sesuai dengan kondisi dan kesepakatan maka pihak Rekber akan mencairkan dana ke penjual, Namun jika terjadi permasalahan dari barang yang tidak sesuai dengan kondisi atau kesepakatn maka permasalahan ini akan di selesaikan dengan pihak Rekber, penyelesaian masalah ini bisa bermacam-macam dari pengembalian barang atau pengurangan harga sesuai dengan kesepakatan setelah terjadi penyelesaian masalah.


Ini tentunya sangat membantu pihak pembeli dan penjual, di pihak pembeli merasa nyaman dengan transaksi tanpa unsur dari penipuan dan pihak penjual mendapat kepercayaan pembeli. sebagai pihak penengah Rekber juga mendapat keuntungan dari biaya transaksi, pihak rekber memberikan kesepakatan harga untuk tiap transaksi atau dengan besarnya transaksi. 

sebagai ilustrasi saya akan memberikan contoh dengan aktor Ani sebagai penjual Siti sebagai pembeli dan rekber sebagai pihak rekber.

Pertama Siti melihat katalog produk dari Ani di situs atau di forum jual beli. dengan menghubungi kontak yang tertera di iklan yang dilihat Siti menelepon Ani sebagai penjual produk, kedua belah pihak berkomunikasi tentang deskripsi barang dan cara pembayaran , disepakati transaksi dan proses pembayaran melalui pihak rekber beserta uang jasa rekber yang di tanggun. 

Kedua Siti menghubungi pihak Rekber untuk mentransfer dana di rekening Rekber dengan memberikan link iklan, deskripsi transaksi beserta kondisi dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. 

Ketiga pihak Rekber memberikan informasi kepada Ani sebagai penjual bahwa dana sudah di transfer di rekening rekber sejumlah kesepakatan transaksi, hal ini mengartikan bahwa pihak penjual untuk mengirim barang kepada Siti sebagai penjual

Keempat Siti menerima barang sesuai dengan kondisi yang ditampilkan iklan. maka siti mempunyai kewajiban untuk mengkonfirmasikan bahwa barang telah diterima sesuai dengan deskripsi iklan.

Kelima dana yang berada di dalam rekening Rekber atas transaksi Ani dan Siti di cairkan ke Ani sebagai penjual. 

Apabila terjadi permasalahan seperti barang yang diterima Siti ada cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi iklan maka perlu adanya komunikasi lagi antar penjual dan pembeli, apakah barang yang diterima Siti dikembalikan ataukan pencairan dana ke Ani berkurang dan sisanya dikembalikan ke Siti. inilah yang menjadi solusi bersama atas bentuk kerjasama terlepas dari penipuan dan ketidak percayaan konsumen. 

Penulis mengenal Rekber ini dalam forum jual beli Kaskus, Rekber adalah anggota forum itu sendiri bukan pihak dari kaskus, berbeda dengan Website Tokopedia, Bukalapak dan lainya , rekber ditangani langsung oleh pihak pengelola website,  
Share on Google Plus

About jams

Nama saya Jamaludin Malik, aktivitas saya adalah blogging, menulis segala sesuatu tentang komputer, bisnis online dan pengalaman dalam dunia digital. ini adalah blog kedua saya yang terfokus pada bisnis online dan informasi blog. blog pertama saya www.jamalud.in
    Komentar Blog
    Facebook

0 comments :

Post a Comment