Jual Beli Online Di Kaskus


Bagi para peselancar internet pasti tahu forum dengan nama KASKUS, bermula dari tugas kuliah Andrew Darwis dan kawan-kawan untuk membuat website. kaskus berawal dengan domain .COM namun pada tahun 2006 berubah menjadi .US , ini menjadi menarik nama manjadi KASKUS.US. pada saat ini kaskus berubah kembali dengan top domain Indonesia menjadi KASKUS.CO.ID, menjadikan kaskus ini benar milik Indonesia. Kaskus memperoleh banyak penghargaan dari beberapa organisasi dan yang menarik adalah Kaskus berada di tingkat peringkat pertama dalam situs komunitas versi Alexa.  sebenarnya Kaskus bertujuan untuk komunikasi antar komunitas namun seiring berjalan waktu dan permintaan dari para anggota komunitas di bentuk forum baru yaitu forum jual beli Kaskus, Nah disinilah akan saya bahas .

Kenapa menggukanakan kaskus untuk jual beli? salah satu pertanyaan menarik. Kaskus memiliki banyak pengguna online, untuk menjadi anggota tidak perlu mengeluarkan sepeserpun. ada 2 komuniat dalam Kaskus yaitu Forum Komunitas dan Forum Jual Beli. kedua forum ini mempunyai trafik pengunjung yang besar. Untuk berjualan di kaskus tidak terlalu rumit layaknya kita membuat posting di Jejaring sosial, tentu saja langkah untuk posting berbeda dengan forum komunitas, dalam membuat posting  jual beli tentunya ada pengisian harga dan lokasi . namun hal yang tidak berbeda adalah setiap pengunjung bisa berkomentar tentang apa yang kita posting.

Setiap anggota yang telah memposting dalam forum jual beli akan tampil dalam index pencaria kaskus. seperti gambar di bawah , posting kita memliliki atribut ,


Seperti contoh di atas judul dengan Highlight kuning adalah keyword dari pencarian , tercantum harga dan lokasi penjual. dibawah judul terdapat atribut dibuat postingan, categori dnn view  yang telah mengunjungi postingan.

Selain pengunjung bisa berkomentar pengunjung bisa melihat reputasi penjual yang memposting produk melalui aktivitasnya dalam Kaskus ini di tandai seperti gambar di samping. status pengguna juga bisa kita lihat dan posting dalam forum terlihat. yang menarik adalah kita sebagai user dari kaskus bisa mendapat bintang atau penghargaan dari user lain berupa cendol istilahnya dalam kaskus. namun kita juga bisa mendapat nilai minus yang disebut Bata merah. namun tidak semua bisa memberikan hal tersebut hanya user yang mencapai aktivitas tertentu , ini menjadi sebuah review bagi pembeli.

Sebagai penjual dalam kaskus juga membutuhkan review dari pembeli sebelumnya biasanya pembeli yang sudah bertransaksi memberikan komentar atas transaksi  yang sudah dilakukan dengan penjual terkait.

Hal yang menarik lagi di Kaskus banyak bermunculan Rekber atau rekening bersama yang menjadi mediasi transaksi jual beli, setiap penjual dan pembeli bisa menentukan jenis transaksi yang digunakan apakah transfer, COD atau menggunakan jasa Rekber, penjelasan rekber bisa dibaca pada postingan saya sebelumnya transaksi-online-dengan-rekber.

Dalam Jual beli kaskus tidak ada sistem secara otomatis dalam transaksi layaknya website khusus transaksi online, kaskus hanya sebuah forum yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan dan berkomunikasi antara penjual dan pembeli, transaksi dilakukan melalui komunikasi secara langsung dengan kontak yang ditampilkan.

Selain beriklan melalui forum kaskus juga menyediakan tempat untuk beriklan yang bernama KASADS, iklan akan ditampilkan pada halaman utama atau di setiap posting pengguna untuk harga sebagai berikut :

BIAYA KASADS

  • CPC = Rp 3.000/click
  • CPM = Rp 500/impression
Tinggal penjual memilih cara apa untuk beriklan dalam kaskus. dari aktivitas penulis di Kaskus penulis banyak menggunakan di forum jual beli, dan respon yang di dapat dari penjual cukup cepat karen kaskus adalah komunitas online terbesar di indonesia.



Share on Google Plus

About jams

Nama saya Jamaludin Malik, aktivitas saya adalah blogging, menulis segala sesuatu tentang komputer, bisnis online dan pengalaman dalam dunia digital. ini adalah blog kedua saya yang terfokus pada bisnis online dan informasi blog. blog pertama saya www.jamalud.in
    Komentar Blog
    Facebook

0 comments :

Post a Comment