Memaksimalkan jual beli Online dengan iklan gratis



Bisnis online saat ini lebih menjanjikan daripada bisns lokal. orang yang dahulunya tidak mempunyai pengalaman dan tidak mempunyai tujuan bisnispun mulai dengan mencoba peluang di dunia online ini. contohnya penjualan barang bekas yang marak di perjual belikan di sosial media atau forum jual beli, ini yang menjadi lalu lintas jual beli terpopuler. 

Bisa kita lihat di iklan televisi atau di klan web forum atau website jual beli memenuhi halaman, ini mengindikasikan website atau forum jual beli punya trafik besar. setiap dari kita mempunyai barang bekas yang tidak terpakai namun bagi orang lain barang tersebut bisa bernilai, inilah yang menjadi moto dari pembuat situs online jual beli. 

di luar negeri di tahun 90 an sudah bermunculan toko online seperti Amazon, saat ini menjadi yang terbesar dalam situs jual beli dunia. ini yang memicu pertumbuhan bisnis online dan bermunculan situs jual beli dalam negeri. 

Bisnis online bisa di gambarkan secara sederhana yaitu 
  1. Menampilkan Produk
  2. Transaksi
  3. Pengiriman 
pada website besar atau yang sudah memiliki fasilitas lengkap pemilik atau pengguna website jual beli tidak berkomunikasi secara langsung dengan pihak penjual atau pembeli, karena sistem sudah bisa melakukan transaksi secara otomatis sesuai dengan rancangan, ini lebih mempermudah dalam transaksi

Namun sekarang kita tidak berbicara tentang membuat bisnis online yang besar. kita berbicara sebagai personal yang ingin memulai bisnis online sendiri secara mandiri dengan biaya nol. kenapa bisa dikatakan biaya nol? , benar kita hanya meggunakan fasilitas yang disediakan orang lain untuk bertransaksi. tentunya diluar biaya listrik dan internet yang digunakan. 
Sebagai langkah awal kita membuat perencanaan bidang atau ruang lingkup bisnis yang dijalani. apakah kita ingin menjual barang bekas, jual barang baru , jasa atau dropship. tinggal kita matangkan bisnis , boleh saja kita menjalani semua namun kadang dengan menjalani, tidak ada keharusan dalam ruang lingkup bisnis, bahkan orang yang sudah berada di atas memiliki banyak bisnis, namun untuk permulaan pilih yang ingin di fokuskan, berbeda jika bisnis online ini sebagai bisnis sampingan atau hanya untuk mencari uang tambahan, bisa kita rangkul semua kesempatan yang ada. 

Sebagai contoh kita menjual barang bekas, karna sebagian dari kita memilik barang yang tidak dipakai. saya mempunyai motto yang mungkin bisa anda gunakan sebagai patokan bisnis barang bekas.

Selama memiliki manfaat bagi orang lain, barang akan mempunyai nilai jual

kesuksesan sebuah produk terjual adalah di kenal oleh banyak orang, hal ini adalah faktor utama keberhasilan penjualan produk meningkat. karena itulah kenapa sebuah iklan begitu mahal dan banyak perusahaan rela mengeluarkan dana untuk sebuah iklan, tapi tentunya kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengiklankan produk kita. disinilah kuncinya pemasaran produk secara gratis dan dikenal banyak orang.

Jejaring Sosial (Social Media)

Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar, ini menjadi keuntungan pemasaran produk di nasioanl, selain jumlah penduduk yang besar indonesia juga menempati jumlah pengguna sosial media terbesar pula. melalui sosial media kita bisa menampilkan produk dalam postingan. atau melalui group jual beli. 

  • Facebook

Siapa yang tidak kenal Facebook. jejaring sosial ini memiliki pengguna terbesar di dunia, di donesia lebih dari 40 juta pengguna, menurut saya facebook ini adalah yang paling efektif untuk mempromosikan produk, dengan mem-posting produk maka teman bia melihat katalog produk, tentu hal ini akan lebih maksimal jikan semakin banyak teman yang terhubung dengan facebook kita. 


Untuk memaksimalkan pengenalan produk ikuti group jual beli yang sesuai dengan tema produk kita. tentunya ini juga butuh selalu update posting agar setiap posting kita tidak tenggelam. Ini adalah cara yang ampuh, karena postingan kita dalam group tidak hanya dilihat oleh teman yang terhubung dengan kita saja, semua anggota group akan juga terlihat.

Buat Halaman (Page)  khusus untuk katalog produk kita. agar konsumen kita juga bisa melihat tiap detail dari produk dan komentar orang-orang yang melihat produk kita

  • Twiter

Berbeda dengan facebook, Twiter memiliki sistem yang berbeda dalam cara terhubung dengan teman, untuk terhubung dengan teman  harus ada respon berupa follow, jadi ketika kita berteman dengan seseorang orang tersebut belum tentu mengikuti postingan yang kita buat, karena dibutuhkan follow back. untuk memaksimalkan tentunya dibutuhkan teman yang sudah mengikuti setiap postingan kita, dan tentunya masih banyak lagi jejaring sosial yang bisa kita gunakan


Kaskus.co.id

website kaskus adalah sebuah group yang menampung komunikasi banyak dari komunitas di indonesia, Kaskus memiliki forum komunikasi dan forum jual beli. ada banya keunggulan menggunakan forum ini untuk jual beli, selain penggunanya banyak dalam forum ini kita bisa saling memberi komentar atas apa yang kita posting. ini yang memberi referensi konsumen untuk memilih produk kita. 

yang menarik di sini adalah di sini juga ada user yang menjadi pihak Rekber  atau Rekening bersama, ini cukup membatu konsumen untuk mempercayai penjual dengan menampung dana ke pihak ketiga sebelum barang diterima. dibanding dengan transfer dana langsung ini menjadi sangat membantu dari tindak penipuan penjual, Rekber hanya meminta uang jasa yang terbilang murah yang berkisar antara lima ribu hingga beberapa puluh ribu tergantung jumlah dana transaksi yang di transfer, Pihak rekber juga akan menjadi penengah jika dalam proses transaksi ada masalah. 

Toko Bagus (OLX.co.id) dan Berniaga

OLX.co.id yang dulunya bernama Toko Bagus adalah situs jual beli yang memberikan fasilitas bagi penjual untuk meng-iklankan produk. Dalam situs ini tidak ada komunikasi atau transaksi secara langsung antara penjual dan pembeli. untuk menayangkan iklan dalam OLX ini dibutuhkan waktu untuk bisa tampil di internet, karena dalam sistem dibutuhkan review dari team OLX untuk melihat kesesuaian produk dan segala atributnya dengan ketentuan. 

Beriklan dalam situs ini cukup bisa dihandalkan, selain website ini paling populer di indonesia traffic pengunjung yang mencari barang cukup tinggi, namun bagi para pembeli saya sarankan untuk COD (Cost On Delevery) atau ketemuan secara langsung dengan penjual, hati-hati jika ingin bertransaksi degnan transfer, tidak sedikit penjual yang hanya memanfaatkan website ini untuk tindak penipuan, ini juga pernah penulis alami.

Tidak berbeda jauh dengan OLX, Berniaga.com juga merupakan wibesite yang menjadikan penjual dapat mengiklan di halaman internet. Berniaga juga memiliki regional untuk pencarian produk yang sesuai dengan lokasi pembeli. Proses transaksi dan komunikasi tidak ada dalam website ini, komunikasi dan transaksi terjadi melalui kontak yang dipasang dalam halaman iklan penjual. tidak disarankan juga untuk langsung transfer dana, lakukan COD untuk transaksi. 

Buklapak dan Tokopedia

Buka lapak dan Tokopedia adalah website yang sejenis, website ini memberikan tidak hanya menampilkan iklan produk, namun juga memberikan fasilitas transaksi jual beli. untuk melakukan transaksi tentu saja penjual dan pembeli harus mempunyai akun dalam website tersebut, untuk membuat akun penjual dan pembeli tidak dipungut biaya alias free  bahkan saat ini hampir semua wibsite dapat registrasi melalui akun facebook. 

untuk memudahkan transaksi penjual diberikan fasilitas untuk penghitungan harga jasa kurir dari JNE, TIKI, WAHANA dan lainya. Ini yang memudahkan pembeli untuk menghitung sendiri total harga bersama ongkos kirim ke lokasi pembeli. 

Tidak hanya itu wibsite ini juga menjadi REKBER (Rekening Bersama) antara penjual dan pembeli. sebagai rekber resmi, Bukalapak dan Tokopedia menjadi penengah apabila terjadi permasalahan dalam proses transaksi. penjual diberi untuk transaksi pembeli melakukan transfer dana ke rekenig Bukalapak atau Tokopedia dan pihak pengelola akan memberikan informasi ke penjual untuk mengirimkan barang dengan batas waktu mulai pengiriman, Apabila terjadi permasalahan pada barang yang diterima pembeli dapat melakukan pembatalan transaksi dengan mengirim ulang barang dan dana yang di tampung dalam Rekber bisa dikembalikan ke pembeli.

Selain transaksi secara langsung pembeli juga dapat memberikan komentar kepada penjual sebagai reputasi dari penjual, hal ini akan memberikan referensi bagi pembeli.   
Share on Google Plus

About jams

Nama saya Jamaludin Malik, aktivitas saya adalah blogging, menulis segala sesuatu tentang komputer, bisnis online dan pengalaman dalam dunia digital. ini adalah blog kedua saya yang terfokus pada bisnis online dan informasi blog. blog pertama saya www.jamalud.in
    Komentar Blog
    Facebook

0 comments :

Post a Comment